BIMTEK PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN INOVATIF DAN BERDIFERENSIASI

Setiap sekolah selalu berusaha memberikan layanan terbaiknya pada peserta didik dengan harapan lulusan yang mampu bersaing dalam melanjutkan pada jenjang pendidikan tinggi maupun dalam berkarir sesuai dengan tuntutan zaman. Sehubungan dengan itu diperlukan sistem penjaminan mutu pendidikan sekolah yang berkenaan dengan proses belajar mengajar dengan penyusunan RPP inovatif abad 21.
RPP inovatif abad 21 adalah pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan, literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar siswa. Ada tiga tahapan pembelajaran berdiferensiasi yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.
Pada tanggal 22-23 Oktober dan 30 Oktober 2021 SMA Negeri 1 Blitar mengadakan kegiatan Bimtek penyusunan RPP inovatif abad 21 dalam pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA Negeri 1 Blitar dalam merancang pembelajaran yang dapat melayani perbedaan kemampuan siswa dan kompetensi abad 21. Kegiatan ini diikuti seluruh guru SMA Negeri 1 Blitar.
Kegiatan Bimtek dibuka oleh Kepala cabang dinas wilayah Blitar, Bapak Ramli, S.Pd., M.M. lalu dilanjutkan oleh kepala pengawas Cabdin Blitar. Bapak Drs. Puguh Santoso, S.Pd., M.Pd. memberi materi pertama mengenai kebijakan umum dan kecakapan abad 21. Materi selanjutnya diberikan oleh Bapak Suwarno, M.Pd. tentang RPP inovatif abad 21 dan pembelajaran berdiferensiasi; serta model pembelajaran inovatif abad 21 (blended learning, hybrid learning, crossover, STEAM, PJBL, DL). Seluruh guru melaksanakan penyusunan RPP inovatif abad 21 lalu presentasikan di hadapan seluruh peserta bimbingan teknis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seven + eighteen =